Chat with us, powered by LiveChat

CARA MENCEGAH PENYAKIT TETELO AYAM SABUNG

CARA MENCEGAH PENYAKIT TETELO AYAM SABUNG – Halo para pemain ayam sabung bertemu lagi dengan saya MitosAyam.com kali ini kita akan membahas tentang cara mencegah penyakit tetelo ayam sabung. Penyakit ini sangat sering sekali menyerang imunitas ayam sehing menderita penyakit infeksi.

Penyakit Tetelo atau Newcastle Disease (ND) biasa juga disebut dengan istilah penyakit Samper Ayam. Penyakit ini merupakan suatu infeksi viral yang dapat menyebabkan gangguan pada saraf pernapasan ayam. ND sangat menular, biasanya dalam 3-4 hari seluruh ternak akan terinfeksi. Saat ini kami akan membahas penyebab dan pencegahan penyakit tetelo.

AYAM ADU – Penyakit Tetelo adalah salah satu jenis penyakit akibat virus paramyxo yang merupakan virus paling berbahaya setelah flu burung. Sampai saat ini, tidak ada satupun daerah di Indonesia yang bebas sepenuhnya dari penyakit ini. Penyakit ini sangat merugikan bagi peternak khusus ayam aduan karena jika tidak ditangani secepat mungkin maka 90-100% dari hewan yang menderita penyakit ini mengalami kematian

Penyakit ini menular ke ayam lain bisa melalui media udara dan penularan sangat sering terjadi pada peralatan pakan. Walaupun dapat menular melalui udara, akan tetapi jangkauan arenya tidak terlalu luas dan biasanya penyakit ini tidak akan bertahan lebih dari 30 hari diarea yang dinyatakan positif terserang penyakit ini. Penyakit ini bisa menyerang ayam baik pada usia muda ataupun usia dewasa, biasanya terjadi pada masa pancaroba atau pada musim kemarau ke musim hujan.

Berikut Beberapa Gejala Ayam Bangkok Yang Terkena Penyakit Tetelo :

  • Ganggaun pernafasan biasanya dimulai dengan batuk, bersin bersin, gorok dan juga nafasnya tersengal sengal.
  • Jika dilihat dari badannya, ayam terlihat lesu dan lemas yang disertakan dengan penurunan nafsu makan yang drastis.
  • Koernea matanya terlihat kerush, jenggernya berwarna biru dan sayapnya sedikit menurun.
  • Jika sudah terserang parah maka si ayam akan terjadi kelumpuhan saraf yang mengakibatkan kejang kejang dan leher terpuntir.

AYAM PETARUNG – Berikut Cara Pencegahan Yang Bisa Dilakukan :

  • Memelihara kebersihan area kandang, dan kandang harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Langsung memisahkan ayam yang terlihat memiliki gejala penyakit Tetelo, agar tidak menular kepada ayam lain yang sehat.
  • Diberikan jamu tradisional untuk menambah kesehatan si ayam sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  • Melakukan karantina untuk ayam yang sudah terkena positif penyakit Tetelo agar tidak menular, jika dirasa sudah terlalu parah maka bisa dilakukan pemusnahan untuk mencegak menular kepada ayam yang sehat.
  • Bisa memberikan vaksin untuk memberikan kekebalan, pada hari pertama bisa diberikan vaksin tetes mata kemudian pada haris kedua vaksin disuntikan pada intramuskuler otot dada.

1. Strain yang sangat berbahaya dan disebut dengan Viscerotropic Velogenic Newcastle Disease (VVND) atau tipe velogenik. Tipe virus ini dapat menyebabkan kematian yang luar biasa bahkan mencapai hingga 100%.

2. Tipe yang lebih ringan atau biasa disebut dengan Mesogenic. Kematian yang terjadi pada anak ayam dapat mencapai 10%, akan tetapi ayam dewasa jarang mengalami kematian.

3. Tipe Lemah (Lentogenik) adalah tingkat stadium ini mampu menyebabkan produktivitas telur menjadi turun serta kualitas kulit telur ayam yang dihasilkan akan menjadi jelek. Gejala yang tampak juga tidak terlalu nyata, hanya saja akan terdapat sedikit gangguan pernapasan.

AYAM ONLINE – Gejala yang nampak pada ayam yang terkena penyakit ini adalah sebagai berikut:
– Excessive mucous di trakea
– Sayap turun dan otot tubuh gemetar
– Ayam tampak lesu
– Gangguan pernapasan dimulai dengan megap-megap, batuk, bersin dan ngorok waktu bernapas
– Napsu makan menurun drastis
– Produksi telur berkurang
– Mencret, kotoran encer agak kehijauan bahkan dapat berdarah
– Jengger dan kepala kebiruan
– Kornea menjadi keruh
– Kelumpuhan hingga gangguan saraf yang dapat menyebabkan kejang-kejang dan leher terpuntir

Penanggulangan penyakit ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1. Ayam yang tertular harus dikarantina atau bila sudah pada stadium berbahaya maka harus dimusnahkan.
2. Vaksinasi harus dilakukan untuk memperoleh kekebalan. Vaksinasi pertama, dilakukan dengan cara pemberian melalui tetes mata pada hari ke 2. Untuk berikutnya pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntikan di intramuskuler otot dada.
3. Untuk memudahkan untuk mengingat mengenai waktu pemberian vaksin, seorang pakar menyarankan agar memberikan vaksin ini dilakukan dengan pola 444. Maksudnya vaksin ND diberikan pada ayam yang berumur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan dan seterusnya dilakukan 4 bulan sekali. Akan tetapi pola pemberian ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan efektivitas terbaik dari hasilnya.

Berikut merupakan pencegahan yang dapat dan harus dilakukan oleh para peternak ayam, mengingat penyakit ini sangat mudah menginfeksi unggas lainnya :
– Memelihara serta memerhatikan kebersihan kandang dan sekitarnya. Kandang ayam tersebut harus mendapat sinar matahari yang cukup serta ventilasi yang cukup.
– Memisahkan ayam lain yang dicurigai dapat menularkan penyakit tetelo ini.
– Diberikan jamu-jamu tradisional seperti kunyit, bawang, jahe, dan yang lainnya secara berkala agar kekuatan dan kekebalan tubuh ayam terjaga.

WWW.MITOSAYAM.COM
KAMI MENYEDIAKAN :
10% BONUS NEW MEMBER LANGSUNG
100% BONUS WIN 1×24 jam
15% BONUS REFERRAL AWAL & BULAN
10% BONUS CASHBACK DI SETIAP MINGGU

You might also like

Comments are closed.